Protes SOPA membuahkan hasil

Saat sedang ramai dengan SOPA, saya mencoba mengupdate data tentangnya. Berikut berita tentang SOPA,

Jakarta (ANTARA News) – Beberapa anggota kongres AS beralih kubu untuk menentang undang-undang anti-pembajakan setelah protes menyelimuti Intenet pada Rabu, Wikipedia menjadigelap dan garis hitam melintang di Google dan situs lain seolah-olah mereka telah disensor.

Sementara penyedia konten yang mendukung anti-pembajakan, seperti Hollywood dan industri musik, berjuang untuk merebut kembali opini publik dan dukungan resmi, kata Reuters dalam laporan terbarunya.

Wikipedia, ensiklopedia online gratis di dunia, ditutup selama sehari. Google dan yang lain mengggunakan bar sensor hitam untuk menarik perhatian pada apa yang baru saja diusulkan ke legeslatif untuk membatasi akses situs-situs yang memuat konten bajakan.

Banyak website yang berpartisipasi dalam blackout sebagai upaya mendesak pengguna mereka untuk menghubungi legislator mengenai masalah ini, dan ternyata membawa hasil yang cepat.

Beberapa sponsor undang-undang itu, termasuk Senator Roy Blunt, Chuck Grassley, Orrin Hatch, John Boozman, dan Marco Rubio mengatakan menarik dukungan mereka. Sementara pendukung undang-undang itu meningkatkan upaya mereka.

Creative America, sebuah studio dan grup serikat-pendukung yang melawan pembajakan, meluncurkan kampanye sebuah iklan televisi yang katanya akan disiarkan di distrik legislator kunci.

Di Times Square, ditayangkan dalam billboard digital mengenai pro-SOPA dan PIPA pada hari ini–di ruang yang disediakan News Corp, yang memiliki Fox Studio.

Kelompok itu juga akan mengirimkan tim dari 20 organizer untuk peristiwa besar di seluruh negeri, termasuk Sundance Film Festival yang akan datang, untuk mencoba mendapatkan pemilih (pendukung) untuk melihat situasi yang mereka hadapi.

Undang-undang, yang dikenal sebagai PIPA (the Protect Intellectual Property Act) di parlemen dan SOPA (Stop Online Piracy Act) di DPR telah menjadi prioritas bagi perusahaan hiburan, penerbit, perusahaan farmasi, dan kelompok industri lain yang mengatakan itu penting untuk membatasi pembajakan online.

Tetapi pemain Internet berargumen rancangan undang-undang itu akan merusak inovasi dan hak-hak kebebasan berbicara dan akan membahayakan fungsi Internet.

Dalam mengalihkan dukungan mereka, Blunt menyebut undang-undang itu “sangat cacat”, sementara Rubio dan Boozman mengatakan “konsekuensi yang tidak diinginkan” yang bisa berasal dari hukum yang diusulkan.

Anggota DPR lainnya, seperti Senator Kristen Gillibrand mengatakan mendukung perubahan undang-undang itu.

Blackout yang diberlakukan ribuan situs sebagai upaya puncak melawan undang-undang anti pembajakan. Dalam beberapa hari terakhir, misalnya, para pengguna Twitter menempatkan dalam warna hitam pesan “Stop SOPA” pada bagian bawah gambar/foto profil mereka.

Craigslist, situs Internet iklan baris gratis, juga tampil hitam sebagai protes, sementara home halaman pencarian Google di AS menampilkan bar hitam di atas logonya dan meminta pembaca: “Katakan pada Kongres: Tolong jangan sensor web ini”.

Situs yang lebih kecil, seperti Reddit.com dan BoingBoing.net juga tampil gelap, sementara icanhascheezburger.com menempatkan head banner yang mengingatkan pengguna megnenai situasi ini dan mengundang mereka mengklik pada link untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Reuters melaporkan, sebuah protes pada jam makan siang di San Francisco menarik sekitar 100 pemrotes, termasuk pendiri Craigslist, Craig Newmark, dan rapper MC Hammer, yang menyebut undang-undang yang diusulkan “barbar”.

Rancangan undang-undang tampaknya dalam jalur untuk disetujui Kongres, namun sentimen telah bergeser dalam beberapa pekan terakhir dan satu tekanan hak veto implisit dari Gedung Putih selama akhir pekan membuahkan keraguan apakah undang-undang itu akan diberlakukan.

This entry was posted in Intermezzo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *