Predator Lele

Waspada, Predator Lele.

Predator, predator, dan predator, kabur! Jika kita berada di hutan kemudian ada predator semacam singa, harimau maupun macam pastilah kita menjauhinya. Tapi kali ini tidak ada sangkut pautnya dengan predator semacam itu melainkan predator lele atau pemangsa lele. Kita kadang tidak tahu kapan mereka datang dan seberapa banyak mereka mengambil lele kita. Perlu diketahui, predator ikan umunya adalah burung, untuk predator lele adalah burung bangau dan semacamnya. Biasanya burung ini, burung bangau hinggap di tanggul kolam dan kepalanya mengarah ke kolam dan ceplak cepluk dapat makan gratis.

Burung bangau hanyalah salah satu predator lele, tetapi masih banyak lagi yang kita tidak ketahui yang sering memangsa lele kita. Hewan ini biasanya mengincar bibit lele ukuran jempol kaki ke bawah, tetapi satu dua bisa memangsa lele yang ukurannya lebih besar lagi. Burung bangau terjun ke kolam pada pagi sampai siang hari, kalau tidak kita jaga bisa saja mereka menghabiskan lele kita, selain itu ada burung yang dipanggil orang sini ”cangawu”, burung ini teksturnya lebih tinggi dan lebih besar dari burung bangau, perawakannya gagah dan lehernya lebih panjang.
Burung ini biasanya datang pada malam hari dan yang perlu diawasi burung ini suka terjun langsung ke kolam dan menggondol satu per satu lele kita, seperti halnya angsa yang mandi di kolam, burung ini sambil berenang 2-3 lele didapati. Temen seperjuangan pernah sharing kalau dia pernah menghitung jumlah lele yang dimakan seekor burung bisa mencapai 100 ekor, jangan bayangkan total lele yang diperoleh para burung karena memang burung ini bergerombol. Kita haruslah berhati-hati dengan apa yang bisa memperkeruh keuntungan kita, terlebih predator alam seperti ini, akan tetapi kita tidak lupa untuk selalu berdoa dengah sungguh sebagaiman kita berusaha harus diikuti dengan kesungguhan hati.
source:dzaki
This entry was posted in Tips and Trick. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *