Padat Tebar Bibit Lele

Apa itu budidaya lele? Apakah membudidayakan lele dalam kehidupan sehari-hari? Bingung mulai dari mana nantinya jika ingin memelihara lele? Sebenarnya mudah saja, kita saja yang membuatnya sulit, seperti halnya memelihara ikan hias, begitupun budidaya lele harus ada perhatian, perlakuan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jalan ke depannya nanti tidak mesti seperti yang kita kira, gampang-gampang susah tetapi bisa susah-susah gampang.

Kali ini saya bahas sedikit teori yang terapkan dalam budidaya lele yang telah saya tekuni selama 2 tahun kurang dari waktu ini. Jangan sungkan-sungkan bertanya apabila kurang jelas dengan yang saya tulis ini, sudah saya siapkan kolam komentar, nomor handphone, Yahoo Messenger, Facebook supaya bisa berkomunikas dengan lebih hangat. Tidak sulit untuk menentukan padat tebar lele dalam kolam, tinggal efektif atau tidak, optimal atau tidak, bagus apa tidak. Dimulai dari 100 ekor/m2, kenapa di sini saya tulis m2 bukan m3 karena biasanya padat tebar didasarkan dalam satuan m2, jadi hanya panjang dikali lebar sehingga nanti hasilnya m2. Menurut saya 100 ekor/m2 terlalu sedikit, boleh dibilang nanggung kalau terlalu sedikit bisa-bisa lele nantinya pertumbuhan tidak seimbang, ada besar dan kecil, perbedaan terlalu mencolok tetapi untuk yang sering memilah-milah lele sesuai ukuran tidak masalah. Kalau saya tidak pernah melakukan proses grading seperti itu, jadi kalau panen diangkat semua lele dari kolam baik besar maupun kecil, nanti di tempat penyortiran baru dipilih-pilih.
Lagian kalau lele terlalu tanggung padat tebarnya jadi kurang asik, biasanya saat kita memberi pakan lele kita malah asik sendiri melihat lelenya makan saking banyaknya tapi kalau sedikit kaya orang bengong, itu menurut saya. Untuk lebih optimalnya bisa menerapkan padat tebar 200-300 ekor/m2 seperti yang saya lakukan, sampai saat ini tetap saya terapkan. Jika kita memiliki lahan sedikit makan bisa mengoptimalkan dengan memadatkan lagi tebaran bibit. Dalam group di facebook Budidaya Lele Yogyakarta banyak juga dibahas padat tebar ikan lele, jika anda punya akun facebook tidak ada salahnya untuk gabung dan berbagi ilmu karena dengan ilmu juga harapan anda terwujud. Dan dari jejaring itu saya juga mendapat ilmu kalau ada penerapan padat tebar sampai 1200/m2 bukan main banyaknya, saya juga berniat mengaplikasikannya suatu saat nanti, kita tunggu saja kabar selanjutnya. Jadi untuk para pemula ataupun para senior, janganlah berpusing-pusing untuk menentukan padat tebar ikan lele karena padat tebar ini kita perhitungkan di awal-awal padahal masih banyak nantinya di belakang yang membuat lebih pusing lagi, selamat mencoba dengan bismillah.

source: dzaki

This entry was posted in Tips and Trick and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *