GAMBARAN NERAKA-GAMBARAN SIKSA NERAKA VERSI BEBERAPA AGAMA

Gambaran negara menurut atau versi dari Beberapa Agama yang dianut manusia. Yup Neraka secara uum digambarkan sebagai kawah penyiksaan di alam sesudah mati manusia, dimana manusia yang lebih banyak timbangan dosanya dibanding dengan kebaikan atau amalnya sewaktu mereka masih berada di alam dunia.  Menurut Wkipedia, Istilah neraka berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Naraka yang dalam mitologi Hindu dilukiskan sebagai seorang raksasa kejam. Ia merupakan putra dari bumi, yang dilukiskan sebagai wanita cantik bernama Pertiwi. Naraka akhirnya tewas di tangan ayahnya sendiri, yaitu Wisnu yang dipuja umat Hindu sebagai dewa pemelihara dunia.

Penggambaran keadaan neraka telah dielaskan dalam beberapa kitab suci agama-agama yang dianut, baik itu Islam, Kristen, dan agama-agama lain. Pada intinya penggambaran neraka itu adalah tempat penyiksaan abadi yang akan menyiksa kita sebagai manusia yang telah berbuat dosa semasa hidup. Ancaman penyiksaan neraka ini punya arti agar selama hidup didunia, kita berbuat amal dan kebajikan, bukan sebagai mahluk perusak bumi di dunia ini. Bukankah jika kita berbuat dosa dan kemudharatan di dunia ini, maka tidak hanya setelah mati, semasa hidup pun kita akan mendapatkan “bayang-bayang neraka”, tepatkan akan kena hukum dunia, baik hukum legal maupun hukum ada dan tentu berlanjut dengan penyiksaan abadi di neraka sana, setelah kita meninggal.
Penggambaran Neraka Versi Beberapa Agama
Islam
Manusia kelak harus melewati sebuah jembatan kecil bila ingin menuju surga. Kalau tidak berhasil, dia akan terjatuh dan masuk ke api neraka Jahannam. “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” — At-Tahrim [66]:6
Kristen
Neraka dalam versi ajaran agama Kristen adalah di mana tubuh pendosa akan dibakar selama-lamanya dalam api abadi yang takkan pernah padam.
Judaisme (Yahudi)
Yahudi Ortodox percaya di neraka kelak tubuh manusia pendosa akan direbus atau dikuliti.
Jain (India)
Agama asli orang India. Disebutkan bahwa agama ini memiliki versi neraka paling banyak: sampai 8 juta lebih jenisnya.
Hindu
Pada akhirnya setiap manusia akan mengalami reinkarnasi; dia akan kembali hidup di bumi tetapi dalam wujuh tubuh manusia lain atau hewan. Sebelum reinkarnasi, manusia harus lebih dulu melewati hukuman neraka dari 21 macam jenisnya.
Buddha
Mempunyai 15 jenis neraka, dan tujuh diantaranya adalah neraka api.
Tao (China)
Percaya bahwa neraka sebenarnya ada di dalam kuil itu sendiri, tapi di sana ada iblis-iblis yang siap menerkam para manusia pendosa dengan senjata tajam.
Okk demikianlah sedikit artikel sederhana mengenai penggambaran neraka menurut atau versi beberapa agama, pada akhirnya kita sebagai mahluk yang beragama selalu berdoa disertai tindakan yang sesuai dengan ajaran agama kita masing-masing, agar nantinya kita tidak terjerumus kedalam kawah penyiksaan maha dasyat Neraka yang banyak digambarkan sebagai penyiksaan abadi tiada duanya yang terperih. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua

Incoming search terms:

This entry was posted in Intermezzo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *