contoh naskah stand up comedy | Amrkimi

contoh naskah stand up comedy

February 26th, 2012 amrkimi 0 Comments
Mongol StandUp Comedy,, bagaimanakah profil mongol?  Stand Up COmedy battle of Comic, apa itu pengertian Comic??
Sebagai seorang yang baru terjun di dunia stand up comedy saya memberanikan diri menjajal materi stand up di ajang yang bernama open mic. Di sini penonton memaklumi bahwa tampilnya kita bukan show, jadi kalau pun ada materi yang tidak lucu harap dimaklumi. Pengalaman saya open mic untuk kali pertama memang menegangkan, garing bahkan cenderung hambar tanpa ada pecahnya tawa. namun itulah pembelajaran. semakin sering kita menjajal open mic, semakin banyak kita tahu kelemahan dan kekuatan materi dan penampilan kita. satu lagi, naskah juga teramat penting dalam sebuah open mic. janganpernah menyepelakan naskah anda. tulis, tulis dan tulis kembali. hanya itu kekuatan seorang stand up comedian atau yang dikenal dengan sebutan comic.
@atrahus sedang menjajal open mic
Berikut ini adalah beberapa naskah yang pernah saya bawakan…..
# Perkenalkan nama panggung saya Atrahus, kalo nama asli saya suharta. Atrahus dan suharta sama saja, hanya  yang berbeda adalah cara membacanya. Kalau atrahus dibacanya dari kiri ke kanan kalau suharta dibacanya dari kanan ke kiri. Jadi anda yang kidal juga tak terganggu. Atau anda yang suka baca AL Qur’an juga tetap merasa nyaman.
# Alhamdulillah saya sudah menikah. Saya menikah saat usia 25 tahun jadi tergolong pernikahan dini, namun Alhamdulillah tidak termasuk pernikahan dini hari alias karena digerebek Hansip.
#Anak saya yang pertama lahir di luar nikah. Ya iyalah kalau lahir pas lagi nikah, kan saya masih repot salam-salaman sama tamu undangan. Kalau anak saya yang kedua lahir di luar kandungan, awalnya saya sempat sedih takut terjadi apa-apa namun kata dokter, “Bapak harusnya bersyukur anak bapak terlahir di luar kandungan, kalau masih di dalam kandungan itu artinya belum lahir!!”
#waktu mau memberi nama anak, kami berdua sepakat jika nama anak kami terdiri dari kombinasi nama ayah bundanya seperti tetangga sebelah yang memberi nama anaknya Ayunda, kependekan dari Anaknya Ayah dan Bunda. Tapi tetangga lain menyarankan jangan memberi nama anak dari kombinasi nama bapak ibu sebab ada di warga RT sebelah anaknya bernama Anak Babu, ketika ditanya artinya merupakan kependekan dari Anaknya Bapak dan Ibu.
#ohya saya belum memperkenalkan istri saya, namanya Irma Kusumasari atau biasa dipanggil bu Irma. setelah tiga bulan menikah istri saya langsung hamil, mungkin ia terlalu subur. Sembilan bulan kemudian lahirlah anak pertama kami. Setelah berembuk dengan istri akhirnya ketemulah anak kami yang pertama yang kami beri nama Nayrta (baca: Nairta) yang merupakan kependekan dari aNAknYa iRma dan suharTA. Rupanya, 5 bulan Nayrta tumbuh jadi bayi sehat, istri saya lantas hamil lagi. Ini pasti bukan karena dia terlalu subur, tapi karena saya yang terlalu nafsu. Muncul kebingungan memberi nama anak kami yang kedua. Nggak mungkin diberi nama Nayrta 2, anak ke tiga, Nayrta 3 dst….emang film Rambo ada Rambo 1, Rambo 2, Rambo 3 dst…
Setelah melalui proses meditasi yang agak panjang, akhirnya ketemulah satu nama yang pas yaitu Humaira. Nama ini merupakan kombinasi juga dari nama kami berdua, Humaira merupakan akronim dari Hasil Usaha irMA dan SuhaRtA.
Saya bersyukur karena Di kamus bahasa Arab Humaira memiliki arti yaitu  pipi yang kemerah-merahan. Ini panggilan sayang Nabi kepada istrinya Aisyah. Benarlah jika nama itu adalah doa, sehingga anak saya yang kedua, kini  pipinya merah-merah alias alergi sampai sekarang.
#Nasib memang membawa saya menjadi guru. Saya menganggap profesi ini mulia. Walau kesan yang didapat dari sebuah  kata bernama GURU kini makin mengalami pergeseran. Contoh, kita tahu guru selalu digambarkan sebagai sosok teladan, namun dalam peribahasa guru justru dicitrakan kurang sedap. Anda tahu kan peribahasa…”Guru kencing berdiri, murid kencing berlari…” Mengapa yang harus dijadikan contoh orang kencing itu guru, padahal kita mahfum yang biasa kencing berdiri itu kan supir taksi……bukan guru…”
#pekerjaan selalu melekat pada profesinya, pekerjaan supir ya menyupiri, kalo pembantu..membantui, Nah kalo guru ya menggurui toh?? namun  pekerjaan itulah yang paling gak disukai semua murid dari para gurunya
#guru kadang juga identik dengan kekerasan. Tempat yang mengajarkan kekerasan juga kerap kali disebut perGURUan Silat, perguruan Karate dan lain sebagainya
#Tapi percaya atau tidak, banyak orang mengidamkan seorang guru sebagai pasangan hidupnya. Sebab guru selalu punya filososofi, “Bagaimana pah/mah sudah puas? Kalau belum ulangi lagi yah….” Kalau kurang puas papah/mamah boleh kok cari les tambahan ”
#Hukuman di sekolah juga berpengaruh bagi masa depan muridnya kelak. Teman saya yang dahulu sering dihukum berdiri di depan kelas berjam-jam, kini jadi tentara. Dan dia sangat menikmati jadi petugas piket jaga.
#Lantas ada juga teman yang sekarang jadi sekretaris karena waktu dulu suka dihukum menulis di buku berlembar-lembar. Teman saya satu lagi yang dulu sering dihukum lari keliling lapangan ternyata sekarang jadi maling.
#Saya menjadi pelawak karena saya merasa jauh lebih cerdas dari teman-teman saya kebanyakan. Sebab perkerjaan melawak itu membutuhkan intelegensi yang tinggi. Kita semua sudah melihat bukti bahwa pelawak-pelawak itu semua cerdas-ceerdas. Mulai dari era Bing Slamet,  Bagyo, Benyamin S, hingga generasi Kasino dan Dono. Namun sayang semua yang cerdas-cerdas ternyata harus meninggal lebih dulu dibanding rekan-rekan segrupnya. Yah bagaimana nggak mau meninggal duluan…lha wong dia yang paling stress memikirkan konsep lawak grupnya.
#saat menyaksikan timnas sepakbola bertanding, selalu ada tiga lagu atau yel-yel yang perlu dihapal oleh para supporter. Yang pertama “garuda di dadaku..garuda kebanggaanku, kuyakin hari ini pasti menang…”. Yel-yel yang kedua yang perlu dihapal “yooO ayoo Indonesia…ku yakin kita harus menang!!”dan yel-yel ketiga yang harus dihapal supoter Indonesia                       “ wasit..goblok!!..wasit gooobblllooookkk!!!!!
#Di Indonesia ada setidaknya tiga artis yang namanya menggunakan nama klub sepakbola…pertama Chelsea Olivia, ke dua Dewi Persik dan ke tiga AS Rhoma Irama , ah maksa kamu ..iya AS Rhoma kan ada namanya klub di Italia…lha AS singkatannya apa ???  Atasan Soneta
#Tetangga saya seorang ibu sangat gemas sekali melihat anaknya tidak mau belajar. Kebetulan ada tetangga sebelahnya yang kasih tahu begini, “Alhamdulillah ya anak saya memang tidak pernah belajar di rumah tapi kalo di sekolah di selalu perhatiin guru” Oh begitu, jadi setiap guru mengajar dia selalu perhatiin guru? Iya apalagi setiap ulangan dia lebih perhatiin guru, apa gurunya lengah sedikit..apa gurunya agak ngantuk, itu kesempatan buat dia….
#5 Langkah Aman Naik Angkot
Kejahatan yang saat ini marak dilakukan di dalam angkot menciptakan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat Jakarta. Supaya anda tidak menjadi korbannya, berikut tipsnya yang perlu diperhatikan.
PERTAMA. Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum seperti paha, belahan dada dan alat vital
KEDUA. Pakailah baju yang sopan dan tertutup, jika terpaksa menggunakan pakaian terbuka usahakan naik angkot yang mata supirnya tertutup
KETIGA. Selektif dalam memilih angkot, pilih lah angkot dengan kaca bening, sopir berseragam, ada ID Card dan lampu penerangan di dalamnya. Untuk memastikan kacanya bening, tes menggunakan telunjuk, seret telunjuk seperti bentuk huruf V hingga bunyi sreet..srett
KEEMPAT. Hindari tidur di dalam angkot, tidurlah di rumah. Hindari menerima makanan atau minuman dari orang lain yang baru anda kenal apalagi anda menerima makanan/minuman basi.
KELIMA. Lebih baik ada seorang teman yang mendampingi anda saat naik angkutan kota, khususnya pada malam hari. Kecuali anda jomblo ya sudah itu sudah nasib anda
#BANK BCA Kantor Cabang Pembantu
Suatu ketika seorang laki-laki berpenampilan perlente, berjas dan baru saja turun dari mobil mewah ingin masuk ke sebuah bank. Namun tiba-tiba satpam bank tersebut menghentikan langkah si boss ini. “Maaf pak, bapak mau kemana?” tanya satpam
“saya mau nabunglah “ kata si boss ketus (dalam hatinya bergumam baru kali ini orang kaya dicurigai masuk bank). Belum sempat emosinya meledak, si boss ini dikejutkan dengan ucapan satpam “Maaf, bapak tidak boleh masuk ke sini.saya lihat penampilan anda seperti majikan Maaf pak, anda tidak melihat papan nama kami –sambil menunjuk ke atas “Bank BCA Kantor Cabang Pembantu”
#Penutup Dada
Semakin bertambahnya pengendara motor namun tidak dimbangi oleh kesadaran safety riding. Minimal, perlengkapan sederhana perlu dikenakan saat berkendara misalnya helm standar, sarung tangan, jaket atau penutup dada. Terlebih lagi banyak sekali kini kaum wanita yang memilih berkendara motor dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari. Saya pernah memergoki beberapa wanita yang tidak melengkapi peralatan berkendaranya. Misal jaket atau  penutup dada. Kemudian saya bertanya, “Bu kenapa saya perhatikan tidak hanya ibu saja tapi banyak wanita-wanita enggan memakai pentup dada saat berkendara!” Ibu itu menjawab dengan sewot, “Mas mikir dong pake otak, kalau saya pake penutup dada lagi mau dipake dimana lagi, kan saya sudah pake pentup dada model kacamata !”
#Terima Kost Pria/Wanita Baik-baik
Anda mungkin pernah melihat plang tulisan itu saat sedang mencari tempat kost. Hati-hati, coba balik papannya mungkin akan ada tulisan “TIDAK BAIK, SAYA USIR GALAK-GALAK!”
Lagipula pasti semua penguasaha kost akan menerima calonnya dengan baik-baik (lha kan mereka bakal dapat uang darinya).
Tapi kalau menerima orang baik-baik itu agak menyulitkan. Apa indikator baik? Apakah semua orang yang akan indekost harus melampirkan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Polisi? Seandainya pun harus melampirkan surat keterangan kelakuan baik, orang ynag hendak indekost itu tak perlu minta ke kepolisian, mintalah ke tetangganya sebab yang tahu kelakuan baik dia sehari-hari ‘kan tetangganya bukan polisi! (masuk akal gak?)
#Cinta itu ibarat aliran listrik. Maka dari itu biasanya orang yang sedang jatuh cinta seperti merasa berdebar-debar bahkan sampai kesetrum bila bersentuhan dengan pasangannya. Oleh karena cinta ibarat aliran listrik, maka dalam menjalin cinta, hubungan harus panjang. Sebab kalau hubungan harus pendek bisa menyebabkan korsleting alias berbahaya.

Incoming search terms:

Referensi:
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “contoh naskah stand up comedy”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Referensi:

Contact Me

free counters