CEO Apple Bingung Kelola Uang

CHIEF Executive Officer Apple Tim Cook menghadapi ujian berat. Ia harus mengelola uang kas Apple yang jumlahnya sangat banyak, yaitu sekitar Rp901 triliun.

Angka itu meningkat hampir dua kali lipat dibanding saat Apple masih dipimpin Steve Jobs. Pada pertengahan 2010 saja, jumlahnya sudah mencapai Rp423 triliun.

Uang tunai yang mesti dikelola Cook juga ternyata jauh lebih banyak ketimbang ramalan sejumlah analis yang memprediksi jumlahnya akan bertambah menjadi Rp598 triliun pada akhir 2011. Siapapun mungkin tidak menyangka kekayaan Apple akan meningkat tajam seperti sekarang.

Dengan uang kas yang sangat banyak, Tim dituntut para investor untuk membiayai kebutuhan operasional Apple dan mengelolanya secara baik agar menguntungkan.

Seperti diberitakan Reuters, saat Apple sedang mendiskusikan apa yang akan dilakukan dengan uang sebanyak itu, muncul seruan untuk segera membagi keuntungan. Wall Street sangat mendukung pengembalian uang kepada pemegang saham melalui pembagian dividen atau buyback.

Namun pihak Apple belum mengeluarkan pernyataan apapun. Pengamat mengatakan kalau perusahaan yang berbasis di California itu akan membayarkan dividen pada tahun fiskal 2012

This entry was posted in Business Online. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *