Cara Download Data Saham Bursa Efek Jakarta/Indonesia melalui Yahoo! Finance

data_saham.jpg

Bagi yang tertarik dengan penelitian bursa saham Indonesia, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memperoleh data yang diperlukan. Cara paling efektif tentunya adalah datang langsung ke bursa, misalnya ke Bursa Efek Indonesia(BEI), dan kemudian melalui prosedur tertentu dapat meminta data yang diinginkan.

Namun demikian, sebenarnya kita juga dapat memperolehnya melalui internet di Yahoo! Finance pada alamathttp://finance.yahoo.com.

Cara memperoleh data saham melalui Yahoo!Finance adalah dengan cara sebagai berikut:

Pada saat kita buka http://finance.yahoo.com

Akan nampak tampilan berikut:


Gambar 1.

Masuk ke halaman “INVESTING” kemudian pilih “Market Stats”:


Gambar 2.

klik “World”, kemudian “Asia Pacific”, hingga muncul semua index yang ada di Asia, termasuk Jakarta Composite, “^JKSE”.


Gambar 3.

Klik pada “^JKSE” untuk masuk ke halaman Jakarta Composite.


Gambar 4.

Untuk melihat daftar saham yang listed, klik pada “Component”, sehingga muncul daftar saham yang ada di Bursa Efek Indonesia.


Gambar 5.

Selanjutnya bisa dipilih saham yang akan di-download datanya, misalnya saham Astra Agro Lestari dengan kode “AALI.JK”, klik pada “AALI.JK” hingga muncul tampilan berikut:


Gambar 6.

Untuk melihat data historis, klik pada “Historical Price”, hingga muncul tampilan berikut:


Gambar 7.

Lakukan sortir data range, misalnya Start Date: 1 Januari 2011 dan End Date: 17 Juli 2011, untuk data harian (“Daily”), kemudian klik tombol “Get Price”, maka akan muncul data yang dikehendaki:


Gambar 8.

Pada bagian bawah sort data terdapat link untuk men-downloadnya sebagai spreadsheet:


Gambar 9.

Klik “Download to Spreadsheet”, maka data akan kita peroleh dalam format spreadsheet.


Gambar 10.

Simpan data yang diinginkan, dengan terlebih dahulu memberi nama file sesuai nama yang unik untuk identifikasi file pada saat diperlukan. Misalnya “AALI-1JAN-17JUL2011”.


Gambar 11.

File akan tersimpan dalam format CSV, yang kemudian dapat dibuka dengan program spreadsheet seperti Microsoft Excel


Gambar 12.

Beberapa tips tambahan:
Cara mencari kelompok saham tertentu, misalnya kelompok saham manaufaktur, maka bisa terlebih dahulu dilihat di berbagai publikasi. Informasi ini misalnya dapat diperoleh di harian Kompas atau Bisnis Indonesia, kemudian catat kode saham-saham manufaktur tersebut yang terdiri atas empat huruf, misalnya “SMAR”. Kemudian di YahooFinance pergunakan kode-kode saham tersebut dengan menambahkan “.JK” di belakangnya, misalnya “SMAR” tercatat di YahooFinance sebagai “SMAR.JK”. Untuk data indeks komposit (IHSG) dapat dilakukan dengan mengunduh data “Composite Index JKSE”. Lihat Gambar 4, klik pada “historical price” dan lakukan proses serupa seperti contoh cara mengunduh data saham “AALI.JK” di atas.

Semoga mencerahkan …

Catatan: “Tips cara download data saham” tersebut awalnya saya peroleh dari Ibu Nurhayati Ma’mun, MSc. (Alm.), teman sekelas saya di DMB IPB. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang.

source: strategika

Incoming search terms:

This entry was posted in Kuliah Akuntansi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *